Memaknai Kemerdekaan bagi Kaum Millenial di Era digital

Oleh : Erik Prihatama.

Cilegon LN – Kemerdekaan bagi kaum milenial di era digital tentunya memiliki makna yang mendalam dan dituntut kreatif juga penuh inspirasi. Kita bisa mengambil pelajaran berharga dari perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya untuk mencapai suatu kemerdekaan . Dalam momen ini, mari kita simak lima makna kemerdekaan yang patut menjadi contoh bagi generasi muda atau milenial.

Pertama, dimana kemerdekaan itu edentik selalu berjuang untuk hidup yang lebih baik. Seperti Para pahlawan telah menunjukkan kegigihan dalam meraih kehidupan yang merdeka. Kita sebagai generasi milenial perlu melihat tantangan zaman sekarang, seperti ancaman kesehatan, tekanan dalam bekerja, rasa malas, dan kebiasaan boros. Semua itu harus dihadapi dengan semangat perjuangan untuk mencapai visi hidup yang lebih baik, tentunya memulai keluarga, baru naik jabatan, memiliki bisnis sendiri, atau memiliki rumah dan kendaraan pribadi.

Lalu Kedua makna kemerdekaan tidak hanya tentang bebas dari penjajah, tetapi juga tentang mempunyai cita-cita yang dapat diukur dan realistis. Para pahlawan telah menetapkan cita-cita merdeka, dan ketika cita-cita itu tercapai, mereka mencoretnya dan menggantinya dengan yang baru. Generasi muda harus meneladani semangat pantang menyerah dari para pahlawan untuk mencapai cita-cita mereka. Menabung, berinvestasi, dan melek finansial adalah langkah-langkah untuk mendekati cita-cita hidup yang diinginkan.

Kemudian ketiga makna suatu kemerdekaan berarti berani mencoba hal-hal baru dalam hidup. Para pahlawan tidak berdiam diri saat dijajah, melainkan berani mengambil keputusan sulit dan mencoba hal baru. Generasi milenial harus mengatasi rasa takut dan mengambil risiko dengan bijaksana jika ingin mencapai hal-hal baru dalam hidup. Pertimbangkan pro dan kontra, kemudian lakukan dengan keyakinan bahwa langkah tersebut akan membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Selanjutnya keempat makna dari kemerdekaan adalah tentang saling toleransi dengan sesama. Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku, etnis, budaya, bahasa, dan kuliner. Semenjak era penjajahan, masyarakat Indonesia telah merangkul satu sama lain terlepas dari perbedaan.sebagai Generasi milenial harus menjunjung tinggi rasa hormat dan saling menghargai terhadap sesama, tanpa memandang kelas sosio-ekonomi, warna kulit, bahasa, pendidikan, atau tempat tinggal.

Dan yang Kelima arti dari kemerdekaan berarti Indonesia bisa dan Indonesia hebat. Sejak merdeka, Indonesia telah mencapai banyak prestasi, terutama dalam menciptakan produk dan jasa lokal yang tak kalah hebat dengan produk luar negeri. Generasi muda atau kaum milenial harus bangga menggunakan produk lokal dan mendukung perkembangan brand-brand dalam negeri. Dengan itu, Indonesia akan semakin berkembang dan dikenal oleh dunia.

Sebagai generasi muda masa kini memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah terlibat dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat, mendukung perkembangan produk dalam negeri, memajukan sektor pendidikan, mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia, saling menghormati dan berbagi, belajar dengan giat, mencintai kesenian dan kearifan lokal, serta menumbuhkan rasa toleransi dan mengenang sejarah Indonesia.

Dengan itu penulis mengajak bagi kaum milenial mari rayakan Hari Kemerdekaan dengan berbuat baik dan mengisi hidup dengan hal-hal positif yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Jangan lupa, generasi muda adalah harapan bangsa, mari bersama-sama membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan berdaya saing di dunia dan Terus melaju untuk Indonesia maju’ Merdeka-Merdeka -Merdeka. (Redaksi)









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *