Forkopimda Kota Cilegon Wujudkan Cilegon Bebas Korupsi




LUGAS.NET | Berdasarkan sumber yang diterima detik6 com, Polres Cilegon beserta jajaran mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Aula Serbaguna Mapolres Cilegon. Kamis, (13/02/2020) pukul 08.00 Wib.

Acara tersebut dihadiri Karorena Polda Banten Kombes Pol Tejo Wijanarko SIk, Perwakilan Irwasda Polda Banten (Irbid I) AKBP E A Nugraha, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana SIk MH, Kepala Ombudsman Perwakilan Prov. Banten Dedy Irsan, Perwakilan BPK RI Prov. Banten (Pemeriksa Madya) Imam Syafii, Walikota Cilegon Drs H Edi Ariadi MSi.

Tampak hadir pula pada acara tersebut Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi, Wakapolres Cilegon Kompol Andra Wardhana SH SIk, Para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Cilegon, Perwakilan Dandim 0623 Cilegon (Danramil Cilegon) Mayor Anton SE, Perwakilan Kejari Cilegon (Kasi Intel Cilegon) Hasan A, Ketua FKUB Kota Cilegon KH Abdul Karim, Kalapas Kelas II A Cilegon Masjuno IP SH MH, Perwakilan Jasa Raharja Cilegon Marjuki, ASDA I, II dan perwakilan Kadis di lingkungan Pemkot Cilegon, Ketua PWI Cilegon Adi Adam, Ketua Pokja Wartawan Cilegon Ronald serta para tamu undangan yang hadir kurang lebih 100 orang.

Pada pembukaan acara tersebut dilaksanakan pembacaan Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Kapolres Cilegon yang diucap ulang oleh Personil Polres Cilegon.

Isi dari deklarasi tersebut bahwa Pimpinan dan Segenap Anggota Jajaran Polres Cilegon, berkomitmen untuk : Melakukan Pembangunan Zona Integritas menuju Satuan Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Secara Menyeluruh dan Konsisten, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), yang terakhir memberikan pelayanan Kepolisian yang optimal, berorientasi kepada kepuasan seluruh pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya Kepala Ombudsman Provinsi Banten Dedy Irsan mengatakan, kegiatan hari ini merupakan awal yang baik untuk Polres Cilegon dalam mencapai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM ).

“Untuk mencapai hal tersebut tidak mudah dan tidak sulit asalkan semua Pihak yang ada di Polres Cilegon dapat bersinergi dalam menjalankan tugas, di tahun 2020 Ombudsman RI Perwakilan Banten akan melakukan survei kepuasan pelayanan publik yang ada di lingkungan Polres Cilegon,”ujar Dedy Irsan.

Lanjut Dedy, “seluruh pelayanan publik yang ada di Polres Cilegon bisa dan dapat memenuhi standar – standar yang telah ditetapkan serta membuat mekanisme pengaduan internal terkait keluhan.”harapnya.

Polres Cilegon dalam rangka menuju Zona Integritas dapat melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi), yaitu dengan mengunjungi Polres yang sudah mendapat predikat WBK dan WBBM dan dapat diterapkan di Polres Cilegon.

Ditempat yang sama,Karorena Polda Banten Kombes Pol Tejo Wijanarko SIk  dalam Amanatnya menyampaikan “Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan Pencanangan Eksternal Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Polres Cilegon 2020,”ujarnya.



“Polres Cilegon dan Polsek Jajaran telah melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas agar meningkatkan pelayanan publik serta meningkatkan kualitas pelayanan kegiatan Kepolisian di Polres Cilegon,”tuturnya.

Masih menurut  Kombes Pol Tejo, “yang diusulkan pada tahun 2020 guna mendapat WBK dan WBBM adalah Direktorat Lalu Lintas Polda Banten, Polres Tanggerang dan Polres Cilegon. Berharap Polres Cilegon dapat mendapatkan Predikat WBK dan WBBM, semoga niat baik dari Polres Cilegon dapat berjalan sesuai dengan rencana.”tutupnya.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan Penandatangan Deklarasi Zona integritas Tahun 2020, Komitmen Bersama menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Polres Cilegon 2020.

Dalam kesemptan tersebut, Wali kota cilegon Edi Ariadi memberikan apresiasi terhadap Kapolres Cilegon untuk perencanan zona integritas serta menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kapolres cilegon berkaitan dengan perencanaan zona integritas, tertuju yang tadi di sampaikan oleh kepala ombudsman provinsi banten, ada banyak sekali hal-hal yang harus kita perhatikan, selanjutnya yang berkaitan dengan sinergitas dari seluruh aparatur polres maupun dengan external polres itu sendiri, tidak terlepas dari kordinasi kemudian juga konsultasi yang berkaitan dengan program – program kita, saya percaya dengan pencanangan ini, polres Cilegon akan makin lebih transparan lagi sehingga tercapai predikat zona cilegon integritas,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Edi juga mengajak kepada aparatur polres cilegon untuk menciptakan situasi yang aman dan tertib dalam hal yang berkaitan dengan informasi publik.

“Mari kita ciptakan situasi yang baik dalam hal keamanan  dan ketertiban khususnya yang berkaitan dengan informasi publik, artinya ada satu opini publik yang memang bagus, selain itu yang kita harapkan adalah pemberitaan yang positif sehingga publik percaya dengan kita untuk di tolong,” ujarnya.

Edi juga berharap kepada OPD untuk bersinergi dalam mensukseskan wilayah bebas korupsi ini.

“Saya juga berharap kepada Dinas-dinas untuk bersinergi dengan aparatur polres berkaitan dengan pencanagan integritas wilayah bebas korupsi ( WBK ) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), di sini pemkot cilegon sangat mendukung karna memang posisi pemkot dan polres bersebelahan, harusnya mah pagar nya sudah tidak ada itu balik lagi ke jiwa integritas kita sudah tidak ada lagi batas pemisah itu, sehingga Cilegon ini bebas dari Korupsi,” tegasnya. (RED)









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *