Sistem Pemilu Terkesan Membingungkan, Kapan Beralih Menjadi Format Digital Demi Indonesia Maju?

Serang, LN – Masyarakat pemilih yang sudah melaksanakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tahun 2024 memandang sistem pemilihan di TPS sudah saatnya di lakukan perubahan, disamping membingungkan dengan kertas suara yang begitu tebalnya dan cara melipat yang membutuhkan waktu mendapatkan beragam usulan, dimana kedepannya memanfaatkan dunia digital.

Jetro Nagaraja Sinaga selaku penggiat media sosial meminta pemerintah untuk dapat memanfaatkan dunia digital dalam merubah format pemilihan umum mendatang menurutnya sistem pemilihan saat ini terkesan biaya yang dikeluarkan berlebihan sehingga tidak bermanfaat.

“Sudah saatnya memanfaatkan dunia digital untuk Proses pemilihan Presiden,kepala daerah dan Wakil rakyat tidak harus memakai kertas dan banyak saksi di TPS yang menghambur hamburkan uang negara, ” Kata Jetro Nagaraja Sinaga, Rabu 14/02/2024.

“Coba kita bayangkan berapa biaya yang di gelontorkan negara hanya untuk pesta demokrasi untuk rakyat ini, seperti model kertas untuk DPR RI,DPRD 1 dan DPRD 2 ukurannya sebesar kertas karton yang tentu membutuhkan biaya banyak,” Ucapnya.

“Disamping biaya yang banyak, sistem pemilihan cukup bingungkan pemilih,seperti keluhan masyarakat yang di TPS saya dengar, belum lagi mempekerjakan banyak orang,menyita tenaga dan waktu, ” Tutur Jetro.

“Sudah seharusnya pemerintah kedepan ini mempersiapkan sebuah aplikasi untuk mempermudah masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pemilu,pilkada dan pemilihan wakil rakyat tentu juga memperkecil adanya kecurangan, ” Tutupnya.(Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *