SMK Muhammadiyah Kota Cilegon Ada 5 Jurusan, Terbaru Teknik Logistik

Cilegon, LN – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) Muhammadiyah kota Cilegon yang berlokasi di Jl.Cut Nyak Dien No.22,Jombang masjid,kelurahan Jombang Wetan, kecamatan Jombang,kota Cilegon,memiliki kepala sekolah yang baru di kukuhkan di masa periode 2024-2027.

Muhammad Rois Mujahidin,SE,selaku kepala sekolah yang baru menjabat satu minggu di SMK Muhammadiyah kota Cilegon ini, sebelumnya merupakan guru yang sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan khususnya di muhammadiyah,beliau ( Muhammad Rois Mujahidin,SE) mempunyai visi dan misi yang harus terealisasi dengan kualitas yang ditujukan mengangkat siswa dan siswi di sekolah Muhammadiyah ini,

Terwujudnya tamatan yang kuat iman dan taqwa, profesional,inovatif,dan berjiwa wirausaha,adalah merupakan visi dan misi dari kepala sekolah SMK muhammadiyah kota Cilegon yang baru,dimana SMK muhammadiyah kota Cilegon ini mempunyai Lima Jurusan.

“SMK Muhammadiyah kota Cilegon berdiri karna tuntutan geografis kota Cilegon yang mana banyak dan tumbuh perusahaan industri yang berada di kota Cilegon,maka kita (Muhammadiyah) harus mempunyai andil untuk menyumbang dalam hal ini sumber daya manusia ( SDM) yang di butuhkan oleh kota Cilegon, kata Muhammad Rois Mujahidin, Senin 01/07/2024 kepada lugas TV

“Tahun pertama kita di SMK Muhammadiyah kota Cilegon,pimpinan daerah menyetujui SMK Muhammadiyah kota Cilegon ini dengan dua jurusan yaitu, jurusan asisten keperawatan dan jurusan teknik industri prodi pengecoran logam,”ucapnya.

“Kondisi saat itu yang di butuhkan serta mendapatkan kepercayaan dari tokoh masyarakat tokoh ulama,serta dunia usaha dan industri yang mana di respon dengan baik,”ungkap Muhammad Rois Mujahidin.

“Dengan berkembangnya perusahaan kimia di kota Cilegon,serta kebutuhan tenaga industri yang berada di kota Cilegon,kita juga membuka jurusan industri kimia serta Otomasisasi tata kelola perkantoran yang mana bisa bersaing baik dalam pemerintahan maupun industri,”Tambah Rois.

“Smk muhammadiyah kota Cilegon membuka jurusan terbaru yaitu teknik logistik yang mana kita baru merintis,kenapa kita membuka jurusan ini di karenakan kota Cilegon,banyak pergudangan dimana logistik ini lebih banyak mengenai tata kelola pergudangan.”bebernya.

“PPDB tahun ini kita membuat 5 rombel yang mana tiap rombelnya 20 orang,kita mencoba menaikan kwalitas selain kwantitas dengan satu jurusan satu rombel.” Ujarnya.

“Harapan kami selaku kepala sekolah agar masyarakat kota Cilegon jangan melihat muhammadiyah itu dari sisi agama melainkan harus melihat apa pengabdian muhammadiyah terhadap pembangunan ini,yaitu mari kita sama sama membangun sumberdaya manusia bersama sama,”tutup M.Rois.

Ditemui ditempat berbeda, Bayu Panatagama selaku Ketua Majelis Dikdasmen & PNF pimpinan daerah muhammadiyah kota Cilegon, menejelaskan tentang visi Pendidikan di muhammadiyah.

“Visi pendidikan Muhammadiyah membentuk manusia bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam Ipteks sebagai wujud tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar”, jelasnya.

“Sedangkan misi pendidikan Muhammadiyah yaitu : (1). Mendidik manusia memiliki kesadaran ketuhanan (spiritual makrifat). (2). Membentuk manusia berkemajuan yang memiliki etos tadjid, berpikir cerdas, alternatif dan berwawasan luas. (3). Mengembangkan potensi manusia berjiwa mandiri, beretos kerja keras, wirausaha, kompetitif dan jujur. (4). Membina peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki kecakapan hidup dan keterampilan sosial, teknologi, informasi dan komunikasi. (5). Membimbing peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki jiwa, kemampuan menciptakan dan mengapresiasi karya seni-budaya. (6). Membentuk kader persyarikatan, ummat dan bangsa yang ikhlas, peka, peduli dan bertanggung jawab terhadap kemanusiaan dan lingkungan”.

“Selanjutnya Bayu menjabarkan tentang 5 (Lima) tujuan pendidikan Muhammadiyah yakni : (1). Memberi pengertian/ pengetahuan tentang persyarikatan Muhammadiyah sebagai gerakan islam dan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. (2). Memberi bekal kepada pelajar Muhammadiyah agar kelak menjadi kader Muhammadiyah yang tangguh.(3). Mendidik pelajar Muhammadiyah agar berkepribadian muslim.(4).Menumbuhkan jiwa tajdid ( pembaharuan) bagi pelajar muhammadiyah.(5). Memberikan pengertian bahwa muhammadiyah memiliki andil (peran) bagi generasi muda.

“Semua ikhtiar muhamadiyah dalam dunia pendidikan dapat berjalan dengan baik sebagai perwujudan mencerdaskan kehidupan bangsa dalam menyiapkan generasi emas tahun 2045,” tutup,Bayu.(Agus)









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *